MASAKAN URAP DAUN SINGKONG KHAS KELUARGAKU




Hallo assalamualaikum teman"
Saya failul, disini saya akan menceritakan masakan khas keluarga saya 😊
Keluarga saya sangat suka dengan urap terutama saya, karna sayur baik buat kesehatan. Urap biasanya saya buat dengan bumbu mentah, tanpa digoreng atau dikukus, karna dengan bumbu mentah urap memiliki cita rasa yang berbeda. Berikut cara dan bahan memasak urap khas keluarga saya.

#Sejarah urap
Urap lazim ditemukan dalam masakan Indonesia, akan tetapi jika ditelusuri, urap berasal dari khazanah masakan Jawa. ... Urap biasanya merupakan syarat atau hidangan penting sebagi sayur pengiring dan pelengkap tumpeng Jawa.

#Cerita dibalik masakan
       Masakan urap merupakan masakan favorit keluarga saya, karna bahanya mudah didapat dan juga banyak mengandung gizi, keluarga saya sangat menyukai urap, entah urap daun singkong, entah urap kacang panjang. Dari namanya memang terlihat sederhana namun cita rasanya yang begitu nikmat.

# Jenis masakan. 
      Jenis masakan yang saya buat adalah urap daun singkong, dengan bahan- bahan yang mudah didapat dan relatif murah meriah. 

# Bahan dan alat
      Bahan dan alat terdiri dari :
Bahan :
1. Daun singkong
2. Daun pepaya
3. Wortel
4. Tauge
Alat :
1. Ember 
2. Cobek
3 parut
4. Panci

#Bumbu halus 
    1. Cabai merah kriting
    2. Cabai rawit
    3. Bawang merah
    4. Bawang putih
    5. Kencur
    6. Terasi
# cara meracik bumbu
Bawang merah,bawang putih,cabai rawit,cabai merah kriting, kencur dan terasi, gerus sampai halus. Kemudian parut kelapa sesuai kebutuhan.

# Teknik memasak 
~siapkan bahan-bahan
~cuci bersih bahan-bahan
~rebus daun singkong, dan wortel
~ sambil menunggu daun singkong matang gerus bumbu sampai halus jangan lupa kasih garam dan penyedap rasa. Jangan lupa bakar terasi agar lebih nikmat.
~ setelah daun singkong matang angkat dan tiriskan, setelah itu masukan wortel kurang lebih 2-3 menit.
~iris daun singkong menjadi kecil"
~ kemudian parut kelapa 
~ campur kelapa dengan sambal, kemudian campurkan ke daun singkong hingga rata. Dan urap siap disajikan.

# Cara menghidangkan
     Ambil mangkok kemudian taruh urap didalam mangkok, urap siap disajikan

# waktu makan 
Urap dimakan bersama keluarga disaat waktu makan telah tiba.
Biasa nya urap disajikan pada sore hari menjelang malam, dan dimakan habis sholat magrib

# Hal yang menarik dari masakan 
    Hal yang menarik dari masakan urap adalah rasanya yang khas dan tidak mengandung daging sama sekali, jadi bisa dimakan sama orang yang tidak suka daging.

# Kendala dan stok bahan masakan
Untuk memasak urap ini tidak ada kendala di ayok bahan masakan, karena bahan-bahanya mudah didapat dan relatif murah

# Kekhasan dan cita rasa 
 Cita rasa dari masakan urap ini adalah gurih dan pedas, terlebih rasa dari terasi bakarnya menjadi lebih nikmat ✨

Sekian blog dari saya apabila ada kata-kata yang kurang berkenan mohon maaf
 Wassalamu'alaikum wr.wb


Penulis adalah Failul nur Fatimah(13) tinggal di desa Sidomulyo kecamatan gunem kabupaten rembang dengan alamat surel failulnurfatimah.9d@gmail.com

      


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Learning tour SMA N 1 PAMOTAN di pagar pelangi

Sahabat penghianat